Jumat, 09 Maret 2018

Benarkah Pakai Bra saat Tidur Cegah Payudara Kendur

Benarkah Pakai Bra saat Tidur Cegah Payudara Kendur

Pernah ada rumor yang mengatakan bahwa rahasia keindahan payudara Marilyn Monroe terletak di kebiasaannya memakai bra saat tidur. Mungkin, banyak wanita yang percaya dan mempraktikkan hal yang sama dengan Monroe.

Tapi, kita perlu bisa membedakan mana mitos dan mana fakta ilmiah agar tidak terjebak ke dalam harapan palsu.

Pertama, penting untuk memahami apa yang menyebabkan payudara Anda menjadi kendur.

Payudara kendur disebabkan oleh kombinasi berbagai hal. Hilangnya elastisitas akibat bertambahnya umur adalah penyebab utama. Mirip dengan kulit wajah, kulit di sekitar payudara juga akan kehilangan kekencangannya karena usia.

"Bahkan payudara kecil juga bisa menjadi kendur, karena kehilangan elastisitas," kata Elliott Heller, M.D. dari Associates in Plastic Surgery.

Lemak juga memainkan peran utama dalam menentukan kekencangan payudara Anda. "Penuaan, terutama menjelang dan sesudah masa menopause, bisa meningkatkan jumlah kandungan lemak payudara," jelas Jamil Abdur-Rahman, M.D., ketua Divisi Kebidanan dan Kandungan di Medical Center Vista East di Illinois.

Dengan bertambahnya jumlah kandungan lemak maka bobot payudara juga akan meningkat dan memberi beban lebih pada jaringan ikat yang menyangga payudara.

Terakhir, jaringan kelenjar juga memainkan peran utama dalam menjaga kekencangan payudara. Jaringan-jaringan ini ada di daerah yang berbeda di tubuh Anda. Mereka bertanggung jawab untuk menjaga debit cairan tubuh seperti air liur, cairan vagina dan ASI. Jaringan kelenjar ini sangat tipis namun padat.

"Bila Anda memiliki jaringan kelenjar dalam jumlah yang banyak, payudara akan nampak lebih kencang," kata Abdur-Rahman.

Sangat sulit untuk mengetahui apakah payudara Anda memiliki jaringan kelenjar dalam jumlah banyak jika hanya mengandalkan pemeriksaan tradisional atau pandangan mata.

Tetapi, jika ukuran payudara berfluktuasi mengikuti berat badan, maka payudara Anda cenderung mengandung lebih banyak lemak ketimbang jaringan kelenjar. Ini berarti, payudara Anda cenderung kendur.

Jadi apakah benar, mengenakan bra saat tidur bisa mencegah payudara kendur?

Tidak ada bukti nyata bahwa pemakaian bra bisa mencegah hal itu. "Bra dirancang untuk membantu mengangkat payudara," kata Mia Talmor, M.D., staf pengajar di Divisi Bedah Plastik di Rumah Sakit Prebystarian New York.

Artinya, fungsi bra hanya membantu mengangkat payudara dalam posisi vertikal. "Tapi ketika Anda berbaring, Anda perlu lebih banyak dukungan horisontal karena posisi payudara jadi melebar dari sisi ke sisi," kata Talmor.

Talmor percaya bahwa mengenakan bra di malam hari tidak akan banyak membantu. Pasalnya, bra dibuat sebagai penyangga vertikal, bukan horisontal. Tetapi, para ahli lain mengatakan bahwa lebih baik ada dukungan dari bra daripada tidak ada sama sekali.

"Mengenakan bra akan mengurangi ketegangan dan peregangan jaringan payudara," kata Matthew Schulman, M.D., seorang ahli bedah plastik di AS.

Intinya, belum ada cukup bukti yang meyakinkan bahwa tidur dengan bra akan membantu mencegah payudara kendur. Namun, para ahli sepakat bahwa memakai bra saat tidur, tidak berbahaya.

Jadi, jika Anda merasa lebih percaya diri mengenakan bra pada saat terlelap, silakan lakukan. Pastikan Anda memilih bra yang yang nyaman.

"Saya sarankan, gunakan sport bra dari katun agar kulit bisa bernapas bebas, tanpa bantalan atau underwire (kawat penyangga)," kata Schulman.

"Mengenakan bra yang terlalu ketat dapat menghambat aliran cairan limfatik," kata Abdur-Rahman.

"Hal ini dapat menyebabkan lymphedema (pembengkakan) payudara, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan perubahan warna kulit sementara."

Sedangkan, underwire dapat menggesek kulit dan menyebabkan iritasi. Jadi, yang terbaik adalah kenakan bra yang cukup longgar dan nyaman menurut Anda.

0 komentar:

Posting Komentar