5 Tips Efektif Membuat Baterai HP Awet dan Tahan Lama

5 Tips Efektif Membuat Baterai HP Awet dan Tahan Lama

Baterai hp pintar memang berkapasitas lebih besar sesuai dengan intensitas pengguna menggunakan ponsel lebih sering. Apalagi ponsel pintar masa kini dibekali dengan layar luas, processor canggih dan ukuran RAM besar yang berimbas pada ponsel cepat kehabisan daya. Agar Anda tidak berulangkali melakukan pengisian daya, sebaiknya tahu beberapa cara yang bisa membuat baterai lebih awet dan tahan lama berikut ini.

1. Tidak menggunakan mode getar pada ponsel
Saat Anda tidak ingin terganggu dengan suara bising yang ditimbulkan oleh ponsel, mungkin pemasangan mode getar menjadi pilihan terbaik. Tetapi, tahukah Anda bahwa pertanda notifikasi dengan mengaktifkan mode vibrator akan membuat ponsel bekerja lebih keras?

Ada baiknya Anda memilih mode silent saja dibandingkan mode getar saat tidak ingin terganggu notifikasi ponsel tanpa harus mematikannya. Cara ini terbukti ampuh menghemat baterai ponsel Anda hingga beberapa persen lho!

2. Mematikan aplikasi pada background
Wallpaper bergerak atau aplikasi yang menyala saat ponsel tidak digunakan bisa saja membuat baterai ponsel Anda semakin cepat habis. Anda bisa memilih wallpaper statis atau layar belakang hitam saja untuk menghemat baterai ponsel.

Selain itu, gunakan ponsel dengan bijak agar tidak membuat baterai semakin boros. Misalnya Anda hanya menggunakan kamera saat membutuhkannya saja.

3. Jauhi permukaan yang panas
Ponsel pintar Anda bakal cepat sekali mengalami overheat saat Anda menggunakannya di luar ruangan. Pasalnya, intensitas cahaya matahari yang bertemu dengan permukaan layar yang panas bisa memicu baterai ponsel cepat kembung. Selain itu, pengaruh cahaya matahari akan membuat kecerahan layar ponsel berkurang.

4. Jangan melakukan pengisian daya semalaman
Baterai hp Anda mudah sekali mengalami kembung atau drain kalau salah melakukan pengisian daya. Sebaiknya Anda tidak melakukan pengisian saat baterai benar-benar lemah atau terus mengisi daya padahal baterai telah penuh. Agar siklus baterai berlangsung baik, sebaiknya lakukan pengisian daya saat baterai tinggal 30%. Lalu, cabut kabel pengisi daya saat baterai berkapasitas 80%.

5. Bijak menggunakan aplikasi pada ponsel pintar
Pada jenis ponsel Android terbaru yang dilengkapi Battery Saver, Anda bisa mengaktifkan fitur ini agar sistem bisa mengurangi performa CPU saat baterai lemah. Anda juga disarankan menjauhi aplikasi yang terlalu banyak memuat iklan sebab bisa membuat daya ponsel cepat sekali habis.

Matikan notifikasi sosial media yang mungkin tidak begitu penting saat Anda ingin menghemat daya baterai. Jika berada di tempat yang jauh dari paparan jaringan ponsel, Anda bisa mengaktifkan airplane mode.

Kurangi penggunaan fitur lokasi yang bisa membuat baterai mudah sekali habis serta Anda bisa menggunakan Time Sleep untuk rentang waktu tertentu misalnya per satu menit. Pilih tingkat kecerahan rendah agar bisa menghemat baterai secara maksimal.

Aktivitas harian yang mengandalkan smartphone untuk berbagai keperluan seperti kirim pesan, telepon atau sekadar bermain sosial media tentu membuat Anda tidak pernah lepas dari teknologi ini. Semakin besar penggunaan ponsel Anda untuk berbagai aplikasi seperti bermain game, video call dan lain-lain, peluang baterai cepat habis dan rusak juga semakin besar. Jangan sampai Anda harus mengganti baterai ponsel setiap beberapa bulan sekali ya!

Yuk, coba terapkan beberapa cara efektif membuat baterai hp lebih awet dan tahan lama di atas! Gunakan perlengkapan yang berkualitas agar baterai tidak mudah rusak seperti menggunakan charger orisinal. Jangan lupa untuk mengganti baterai cadangan ponsel Anda dengan baterai yang asli bukan imitasi ya!

0 komentar:

Posting Komentar