Manfaat Mengenakan Busana Muslim Bagi Wanita

Manfaat Mengenakan Busana Muslim Bagi Wanita

Tren mengenakan busana muslim saat ini semakin populer. Salah satu brand terbaik tanah air yaitu kami idea merupakan pilihan yang tepat bagi wanita yang ingin tampil menarik dan trendi namun tidak mengesampingkan aturan busana sesuai syariat islam. Para Muslimah cenderung mengenakan gamis berpotongan lebih panjang sebagai busana sehari-hari. Jilbab atau yang sering disebut dengan hijab adalah sebagian pakaian penutup kepala hingga dada. Hijab ini wajib dipakai oleh seorang wanita muslimah dan sudah baligh. 

Di wajibkannya memakai hijab bagi muslimah tidak hanya sebatas karena pakaian saja, namun terdapat banyak hikmah dan manfaat di dalamnya. Untuk mendapatkan hikmah tersebut, maka Anda juga perlu memakai hijab yang sesuai dengan syariat, begitu juga dengan cara berpakaian, seperti tidak tipis dan menerawang, tidak ketat, dan terjulur hingga dada. 

Saat ini, model pakaian muslim sudah banyak dijual untuk memudahkan wanita muslimah dalam memilih pakaiannya. Adapaun Manfaat berhijab dan berpakaian muslim menurut Islam dibahas di bawah ini:

Menutup aurat agar terhindar dari dosa
Fungsi hijab yang utama yaitu untuk menutup aurat karena aurat wanita adalah seluruh badan kecuali muka dan telapak tangan. Bagi seorang wanita yang memakai hijab  sudah tentu manfaat ini diperolehnya. Aurat tidak boleh terlihat oleh orang selain mahrom.

Dikisahkan bahwa kelak manusia yang paling banyak masuk neraka yakni dari kaum wanita? Mengapa demikian, penyebab utamanya adalah wanita tersebut tidak berpakaian yang menutup aurat. Itu kenapa manfaat utama berpakaian menurut syariat islam adalah menghindarkan diri dari dosa dan menjauhkan dari siksa neraka.

Menghindari fitnah pandangan negatif
Manfaat berpakaian menurut syariat islam adalah menghindari pandangan negatif terhadap diri kita. Apabila ada seorang wanita memakai pakaian yang sedikit terbuka dan memperlihatkan lekuk tubuh, maka akan timbul pandangan negative dari orang sekitar. 

Dikira orang tersebut adalah wanita nakal, wanita penggoda, wanita murahan, dan sebagainya. Untuk menghindari penilaian tersebut, disinilah manfaat dari berpakaian. Apabila orang berpakaian sesuai syariat islam, pasti akan lebih di hargai orang lain.

Mencegah rasa cemburu pasangan hidup kita
Manfaat berpakaian sesuai syariat yang satu ini khusus untuk yang sudah berumah tangga. Dalam berumah tangga, yang berhak untuk melihat aurat istri adalah suami, dan sebaliknya. Jika seorang istri memperlihatkan auratnya pada  laki-laki lain dengan cara berpakaian yang tidak sesuai syariat islam? Pastinya hal ini akan membuat sang suami cemburu  dan terjadi konflik dalam rumah tangga. Maka dari itu, manfaat berpakaian sangatlah besar dalam sebuah hubungan.

Melindungi diri kita dari berbagai tindak kejahatan
Biasanya wanita yang auratnya terbuka adalah yang paling sering menjadi korban tindak kriminal seperti pemerkosaan, penjambretan, hipnotis, perampokan, dan lain sebagainya. Coba bandingkan dengan wanita yang tampil tidak menarik di mata penjahat dengan berpakaian sesuai syariat islam. Pasti  akan membuat pelaku kejahatan tidak menjahati wanita  tersebut.

Melindungi tubuh dan kulit dari lingkungan
Dengan berpakaian sesuai syariat islam, maka  akan menutupi tubuh secara sempurna. Manfaat yang akan kita dapatkan yaitu kita tidak merasakan kedinginan saat suhu sedang dingin, dan tidak akan merasakan kepanasan saat mentari bersinar terik. Begitu juga dengan kotoran atau debu, akan terhalang mengenai kulit kita secara langsung langsung karena tertutu pakaian, sehingga kebersihan tubuh dapat tetap terjaga dengan baik.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berhijab dan berpakaian syari menurut Islam. Hal yang paling penting yaitu dengan berhijab, maka Anda sudah mematuhi perintah Allah terkait anjuran berpakaian yang baik dan benar menurut Islam.

0 komentar:

Posting Komentar