Tips Ampuh Atasi Ruam Popok Pada Kulit Sensitif

Tips Ampuh Atasi Ruam Popok Pada Kulit Sensitif

Bayi yang mengenakan popok yang terlalu ketat atau popok basah yang terlalu lama dapat menyebabkan ruam kemerahan atau dikenal dengan ruam popok. Hal tersebut dapat membuat bayi menjadi tidak nyaman dan akan rewel. Penggunaan diaper cream bayi sangat diperlukan untuk mengurangi terjadinya ruam popok atau untuk mengobati agar tidak bertambah parah.

Ruam popok sering terjadi pada bayi di bawah usia 15 bulan, di mana lapisan kulit bayi bagian terluar masih sangat tipis dan sangat rentan terhadap iritasi. Maka dari itu penggunaan diaper cream sangat disarankan. Meskipun begitu, bunda harus hati-hati dalam memilih produk diaper cream yang tepat. Karena saat ini banyak dijual berbagai merek diaper cream bayi dan memiliki kelebihan masing-masing.

Cara Mencegah Ruam Popok Pada Kulit Bayi

1. Sering mengganti popok
Beberapa dokter anak merekomendasikan pada para bunda untuk mengganti popok beberapa jam sekali agar kulit bayi tetap kering, tidak teriritasi dan dapat bernafas. Jangan membiarkan diaper sampai terlalu basah dalam waktu lama, karena akan menyebabkan ruam pada kulit bayi. Biasanya kulit terlihat kemerahan bahkan terlihat lecet.

Apabila sudah seperti itu, maka bayi akan merasa tidak nyaman dan dapat menyebabkan rewel. Maka dari itu, para bunda tidak boeh menyepelekan dengan masalah yang satu ini.

2. Oleskan diaper cream
Jika bayi bunda mengalami ruam popok, maka segera oleskan diaper cream. Namun penggunaan diaper cream yang tepat yaitu dioleskan setiap bunda mengganti popok, jadi tidak perlu bayi bunda mengalami ruam terlebih dahulu. Karena penggunaan diaper cream secara rutin dan benar dapat mencegah terjadinya ruam popok.

3. Hindari penggunaan bedak
Bedak bayi memang dapat mengontrol keringat pada area kelamin dan dapat menjaga agar tetap kering. Namun, jika bayi mengalami ruam popok maka penggunaan bedak bayi dapat memperburuk kondisinya. Oleh karena itu, tidak dianjurkan menggunakan bedak bayi untuk area kelamin bayi namun dapat bunda gunakan untuk bagian tubuh yang lainnya.

4. Perikasakan ke dokter
Jika ruam popok pada bayi tidak kunjung sembuh, sebaiknya bunda segera periksakan ke dokter. Waspadai ruam popok yang disertai bisul, demam atau ruam yang menyebar ke daerah lain seperti lengan, kulit kepala atau wajah.

0 komentar:

Posting Komentar