Jangan Asal Beli Obat Secara Online, Pertimbangkan Dulu 6 Hal Ini Agar Terjamin Keamanannya

Beli obat

Perkembangan teknologi di satu sisi memang memberikan banyak sekali kontribusi positif bagi masyarakat, salah satu diantaranya adalah mempermudah beragam jenis transaksi Anda. Sebut saja diantaranya adalah untuk kebutuhan berbelanja. Maka Anda bisa melakukannya secara online, apapun jenisnya, bahkan juga untuk hal-hal semacam beli obat sekarang ini juga banyak yang menjualnya lewat situs jual beli online. Di satu sisi hal ini tentunya memberikan manfaat positif, apalagi terkadang memang ada beberapa jenis obat yang tidak bisa dijumpai di toko-toko secara langsung, jika ingin datang ke tempatnya jauh, maka ada alternatif pembelian online.

Hanya saja di satu sisi yang lainnya juga resiko seperti penipuan, membeli barang yang tidak asli juga semakin sering terjadi. Apalagi obat ini bukanlah hal yang sifatnya sepele, sangat berhubungan dengan kondisi kesehatan atau keamanan. Untuk itu memang tidak boleh sembarangan dalam pemakaiannya sendiri. Memang pada dasarnya penyakit dapat menyerang siapa saja tanpa memandang waktu dan juga usia. Jika sudah mulai dirasakan gejalanya maka mau tidak mau haru segera mendapatkan pengobatan, sehingga nantinya bisa sembuh.

Berbagai macam alternatif pengobatan tentu dicoba untuk bisa sembuh dari kondisi tersebut bukan. Mulai diantaranya memakai pengobatan herbal, hingga obat-obatan dari medis dan juga menggunakan terapi-terapi tertentu. Bagi Anda yang memang ingin mendapatkan obat secara online ini sendiri karena mungkin di apotek terdekat tidak tersedia, maka jangan asal dalam membeli, perhatikan beberapa hal berikut ini di dalam membelinya, agar tidak tertipu, yaitu:

  1. Perhatikan terlebih dahulu sarannya, maksudnya disini memang ada saran yang diberikan oleh apotek tersebut atau mungkin juga dokter untuk membeli di situs tersebut karena memang hanya itu yang menjualnya. Begitu juga toko tersebut hendaknya juga sudah memiliki izin di dalam penjualannya secara online dan juga offline, jadi dapat dipercaya.
  2. Sudah memenuhi standard layanan kefarmasian sesuai dengan yang ada di UU, jadi memang jelas barang seperti apa yang dijual oleh toko tersebut, bukan produk abal-abal dan memang dapat dipertanggungjawabkan secara hukumnya, kelak jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, maka bisa dibawa ke jalur hukum.
  3. Bukan orang perorangan yang menjualnya, melainkan memang sudah jelas siapa yang memproduksinya dan juga perusahaan mana yang menjualnya. Bukan orang perorangan yang memang tidak memiliki kewenangan di dalam menjual obat-obatan tersebut.
  4. Pertimbangkan jika seandainya ingin membeli obat keras, memang jika dilihat sendiri kategori dari obat-obatan yang dijual sangatlah banyak, mulai diantaranya adalah obat-obatan standard biasa sampai dengan yang keras, khusus untuk obat keras ini maka jangan langsung dibeli sembarangan, melainkan harus dengan menggunakan resep dari dokter.
  5. Cek juga komoditi dari obat-obatan tersebut, pastikan sudah memiliki izin edar, jadi tidak dijual secara sembarangan.
  6. Distribusinya juga harus jelas, apakah obat tersebut nantinya akan dikirim secara online, maupun dengan mengandalkan fasilitas layaknya ojek online, seberapa terpercayakah mereka dan bagaimana dengan pertanggungjawaban yang diberikan.
Memang banyak sekali pertimbangan penting jika seandainya Anda ingin beli obat untuk mengatasi masalah kesehatan yang dihadapi tersebut, selama masih ada apotek yang menjualnya secara langsung, lebih disarankan untuk membelinya langsung, dibandingkan dengan online, karena keamanannya lebih terjamin, juga dapat dipertanggungjawabkan. Apalagi hal ini juga berhubungan dengan kondisi kesehatan Anda, sehingga tidak boleh sembarangan.

0 komentar:

Posting Komentar